Fit Text To Path

hei teman2, sudah lama kita tak bersua.. wekeke( bahasa naon deui eta)
tapi emang bener kan uda lama pisan saya ga posting,,(biasa sibuk :P) tapi berhubung saya ada tugas bwt bikin postingan tentang Langkah2 membuat tulisan yang bisa bolak belok, muter2, pokonya magh sesuai dengan bentuk yg kita inginkan lah, saia akan membuat tulisan yang rada bermanfaat ttg plajaran TIK, okey, kita mulai saja ya kawaan..
Kalian pasti uda ga asing lagi kan dengan kata2 Corel Draw? yap ini adalah suatu program desain grafis untuk mengolah gambar. Nah kali ini saya cuma akan ngebahas sedikit dari sekian banyak yang bisa kalian oprek2 (baca:pelajari) dalam memanipulasi objek dgn menggunakan Corel Draw. Yaitu membuat tulisan agar bisa mengikuti alur sebuah bentuk yang kita inginkan. Misal, tulisannya jadi ngebentuk gelombang, bulet, kotak, segitiga ato segi2 yang laennya, macem2 deh pokoknya....
Berhubung klo saya jelasin smuanya bakal membuat saya cape mengetik (apa siih), saya cuma bakal ngasi tw cara2 membuat tulisan biar bentuknya bisa kayak gelombang.

Langkah-langkahnya adalah sebagai berikut ini neh:
1. Buka dulu program Corel Drawnya ( ya ea laaah) dengan cara klik 'start', trus pilih 'program', trus pilih 'corel draw 12' ato 'corel draw 13' ato apaan lah, pokoknya magh "Corel Draw" (kan banyak versinya tu dari yang lama ampe yang terbaru)
2. Klik New (nanti bakal muncul tampilan kertas warna putih gitu)
3. Lalu pertama-tama kita buat dlu garis lurus, caranya klik 'free hand' (cari gmbr pensil di tool box), trus klik pada kertas, trus sorot deh ke sebelah kanan ato kiri (suka2 kalian) , kalo mau lurus jgn lupa tekan 'ctrl' berbarengan sama pas ngebuat garis lurusnya. inget! pas narik garis, jgn di drag, klo di drag bisa gegurunjulan garisnya, jd klik 1x di kertas, uda gitu sorot garisnya, nah klo udah pas, baru kalian klik 1x lagi. Jadilah garis luruuus... (jeng jeng jeng).
4. Trus pilih 'shape tool' ( ada di tool box juga), trus klik kanan pada garis, lalu pilih 'To Curve', uda gitu bakal muncul kotak kecil 2 biji (warna hitam/biru) di dalam garis tsb. Salah satu kotak di-drag ke bawah, trus kotak yang satunya lagi di-drag ke atas, jadi deh bentuk gelombang.
5. Setelah itu pilih menu 'Text' pada menu bar, kemudian pilih 'fit text to path', nah setelah itu, kalian bakal liat di atas gelombang ada yang ngedap-ngedip warna item, coba deh kalian ketikkan suatu kata, misalnya : 'SMAN 2 BANDUNG', dan voila, tulisannya jadi mengikuti alur gelombang! nah kalian bisa memperbesar tulisan sesuai dgn ukuran panjang gelombang tsb. Tinggal drag aja kotak2 item yang ada di sekeliling tulisan ke kanan, kiri, ato diagonal.
6. Trus pilih 'Pick Tool' (cari gambar panah warna putih di tool box), kemudian klik cuma pada garis gelombang yang tadi (jangan ama tulisannya) trus delete deh garisnya. Kemudian anda akan melihat suatu tulisan yang alurnya menyerupai gelombang seperti gambar di bawah ini.



hho, okeh, gimana? pada bisa ga? kalo bisa, anda sangatlah pintar dan juga dapat mengerti bahasa saya, hhe, karena ga banyak loh orang yang bisa mengerti apa yang saya tuliskan.
apalagi klo belibet gitu, cape deh bacanya... hhe, tp ga papa lah ya.. jarang2 nih, saya ngasi ilmu yang bermanpaat....
oh ia, kritik dan saran kalian juga masih sangat saya butuhkan loh, klo kalian punya saran ato kritik, jangan sungkan2 untuk mampir dan menuliskan unek2nya di bagian komentar ato shoutmix. terimakasih dan sekian.

eh salah

sekian dan terimakasih... hhe

nb: Tulisan ini dibuat untuk memenuhi tugas dari Pak Gian, guru TIK sman 2...
Nama: Nanda Akmalia
Kelas: XII IPA 8
No. Absen : 25
SMAN 2 BANDUNG
=D

Komentar

Postingan populer dari blog ini

V.O.P - Tangisan Hati + Kord (ulikan sendiri tapinya)

lirik lagu india.... hha