Kehidupan 1 tahun setelah lulus S1

Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh sahabat nandanando!
Selamat pagi, siang, sore, malam, pemirsah yang budimaan..
Kembali lagi bersama saya, nandanando di blog nandanando hohoho

Jadi, ceritanya di postingan kali ini aku mau flashback cerita tentang kehidupan aku 3 - 4 tahun ke belakang, tepatnya tahun 2015 - 2016, aku ngapain aja sih? Langsung aja kita mulaii..

Di bulan maret 2015, Alhamdulillah akhirnya aku lulus dari salah satu kampus favorit di Bandung, sebut saja namanya ITB. Aku lulus sebagai sarjana sains dari jurusan Biologi dengan IPK yang lumayan pas-pasan hhe.. Setelah mengarungi terjangan ombak tugas akhir, bersahabat dengan medium agar-agar untuk kultur jaringan, mikropipet, autoclave, laminar, ZPT, berbagai antibiotik, agrobacterium, PCR, ruang gelap, ruang kultur, kentang, jamur, logbook, cawan petri, falcon, erlenmeyer, gelas ukur dari yang 10 ml - 1 Liter, dan kawan-kawan lainnya di lab, akhirnya selesai juga itu tugas akhir yang menyenangkan sekaligus menguras energi lahir batin :')

Nah, setelah lulus, kamu ngapain nan? kalo orang-orang ngapain ya? pastinya cari kerja dong ya?? Yap, sama, aku juga gitu, cari kerja. Cari kerja kemana nan? Hmm, waktu itu aku masih rada idealis sih, nyari yang berbau-bau biologi gitu, tapi yaa, ternyata agak jarang yaa, apalagi kalo ipk sekian, pengalaman organisasi mines, apa yang mau dibanggain nan waktu ngelamar kerja? agak sulit sodara-sodara. Oia, nyambi cari kerja, saya ngikut kerja di kantor bapak saya, disini posisi saya ga begitu penting sih, jadi semacam pembantu umum gitu :D, staf project lah gitu, bantuin ngerjain proyekan yang bisa dikerjain, bantuin bikin laporan, dll gitu dah, tapi lumayan lah agak berguna dikit idupnya hehehe.. Tapi sebenernya selain bantu-bantu di kantor bapake, aku juga masih bantuin proyekan dosen di kampus, ngelanjutin penelitian yang dijadiin topik tugas akhir aku. Ada sekitar 7 bulan aku masih suka berkeliaran di kampus buat ngerjain proyekan dosen. Jadi, semacam fifty-fifty lah gitu ya antara proyek di kampus sama kerja di tempat bapake.

Lalu, perjuangan mencari kerja pun dimulai. Aku nyoba masukin lamaran kerja dengan ikutan jobfair gitu, kayak career day yang di ITB, job fair di UNPAD, juga coba masukin lamaran lewat jobstreet atau langsung ke web perusahaannya. Beberapa perusahaan yang sempet manggil aku buat tes ada beberapa, kayak PT. PTI, Bio Farma, Roche, Medion, Heinz, Cocacola Amatil, dan apa lagi ya? ya, memang ga banyak sih hehehe, kebanyakan ga dipanggil hihi... dan dari beberapa yang manggil tes itu, kebanyakan juga cuma nyampe tes psikotes, atau paling banter wawancara psikolog/HRD. ga pernah tuh yang namanya nyampe wawancara user atau direksi atau paling engga ikut tes FGD/presentasi sesuatu. Ya Allah, hamba memang masih banyak banget dosa yak, sampe ga pernah lolos dapet kerjaan. Atau kamu punya kepribadian yang salah nan? sampe psikotes aja ga lolos :/

Nah setelah lebih dari satu tahun setelah lulus, belum juga dapat kerjaan yang bener, akhirnya aku memutuskan untuk sekolah lagi. Padahal setelah lulus ga pernah terpikir untuk lanjut sekolah, karena merasa ga begitu mampu lah otaknya buat diajak sekolah lagi (pesimis amat si yak ni anak). Eh ia, baru inget, ada sih momen dimana aku berucap, kira-kira kayak gini "Wah aku harus sekolah S2 lagi nih!", itu terjadi sesaat setelah aku membubuhkan tanda tangan di ijazah S1 aku, tepatnya di gedung Annex. Kenapa bilang gitu? sepele sih, karena tanda tangan aku di ijazah jelek banget, ga keliatan, karena harus kena foto dan kertas, malahan kayak rumput gitu hasilnya, jelek deh pokonya. Ga terima tanda-tangan di ijazah jelek, akhirnya ku pun berucap kek gitu, ternyata itu jadi doa yang luar biasa ampuh. hehe..

Nah jadi, aku pun berpikir daripada penggangguran terus (atau memang akunya aja yang ga sabaran dalam mencari kerja), ku mulai melirik sekolah S2, tapi bukannya nyari sekolah biologi lagi, aku malah tertarik sama MBA ITB. Iya sekolah mahal itu -_-" , gatau kenapa mikirnya mau sekolah ambil jurusan itu, yang sangat2 jauh dari jurusan s1 aku. waktu itu sih pikiran aku simple, Insya Allah kalo aku belajar lebih tentang manajemen, semoga nanti lingkup kerjanya lebih besar lagi, karena jurusannya udah lebih general dan ilmunya juga udah rada banyak mengenai dunia per manajemen an. Gitu aja, simple, gatau masuk logika apa engga ya itu?

Dan akhirnya di sekitar bulan april mei 2016, ku mulai ikutan tes yang semacam GMAT gitu untuk masuk jurusan MBA (kalau sekarang udah pake TPA semua). Kata orang sih, tes yang semacam GMAT ini ada yang sampe beberapa kali ngulang baru lulus. Dari hasil baca pengalaman orang lain tentang tes masuk MBA ITB, akhirnya aku berkesimpulan untuk baca bukunya barons kalo ga salah, dan belajar dari situ. Aku ga beli bukunya, tapi baca di perpus ITB karena ada.. (emang anaknya mental gratisan). 

Setelah belajar sekitar 1 minggu, mulailah waktu tes yang ditentukan. Terus ku datang tes seperti biasa aja gitu. dan akhirnya menunggu pengumuman, dan Alhamdulillah, nilainya lumayan diatas passing grade. Ya Allah, mungkin disuruh sekolah dulu kali ya biar pinter, cari kerja ga lolos2, sekalinya tes sekolah, langsung lolos.. ini bukan maksud sombong, tapi memang aku jadi mikir sih rejeki orang itu beda-beda. Ada yang pengen sekolah, tapi ga bisa, malah harus kerja. Ada yang pengen dapat kerja, tapi ga bisa, malah dapat sekolah. Mungkin aku termasuk tipe yang kedua ini.

Jadi ya akhirnya 2 tahun dari 2016 - 2018 aku sekolah lagi S2, dan Alhamdulillah bisa menyelesaikan studi tepat waktu, ga lebih dari 2 tahun (soalnya kalo lebih, bayar lagi cuy, mahil ya Allah), plus dapet bonus ipk nya yang lumayan bagus, ada peningkatan lah dari jaman S1 hehe. Daaaan, kembali lagi perjuangan cari kerja dimulai. Tapi, karena pas lulus itu bertepatan dengan desas-desus pembukaan cpns, akhirnya ku nunggu sebulanan untuk cari tau tentang cpns, dan akhirnya mendaftar..

okeh, segitu dulu ya ceritanya... lah kok gantung nan?! cerita lanjutannya akan dihadirkan Insya Allah dalam judul "Kehidupan 1 tahun setelah lulus S2" hehehe....
sip yaaa.. dadahh, Assalamualaikum..

Komentar

  1. ๐Ÿ‘๐Ÿ‘keren mbak bisa dishare kemampuan menulisnya ke teman teman

    BalasHapus

Posting Komentar

Ada komentar? share yaa

Postingan populer dari blog ini

V.O.P - Tangisan Hati + Kord (ulikan sendiri tapinya)

lirik lagu india.... hha

Fit Text To Path